cara membuat hand sanitizer alami

Cara Membuat Hand Sanitizer Alami yang Mudah dan Murah

Pendahuluan

Hand sanitizer adalah salah satu produk penting yang digunakan untuk melindungi diri dari COVID-19. Pandemi ini telah mempengaruhi seluruh dunia, dan mengakibatkan banyak orang meninggal dunia. Oleh karena itu, hand sanitizer menjadi alat penting dalam memerangi pandemi ini.

Meskipun hand sanitizer komersial mudah ditemukan di pasaran, namun beberapa orang lebih memilih membuat hand sanitizer alami sebagai alternatif. Terdapat beberapa bahan alami yang dapat dijadikan bahan dasar hand sanitizer alami seperti alkohol, lidah buaya, esensial oil, dan bahan tanaman lainnya.

Bahan-bahan alami tersebut lebih ramah lingkungan dan juga dapat membantu mengurangi dampak negatif pada kesehatan kulit. Selain itu, cara membuat hand sanitizer alami juga cukup mudah dan hemat biaya, ini juga membuat hand sanitizer alami menjadi pilihan yang menyenangkan bagi yang ingin mencoba membuatnya sendiri di rumah.

Berikut adalah beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk membuat hand sanitizer:

    1. Alkohol

Alkohol adalah bahan dasar yang umum untuk membuat hand sanitizer. Banyak lotion tangan atau krim tangan yang mengandung alkohol, karena alkohol memiliki efek antimikroba untuk membunuh bakteri dan virus. Untuk membuat hand sanitizer alami dengan alkohol, kamu hanya membutuhkan alkohol 70% dan beberapa tetes esensial oil sebagai pewangi.

    1. Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki kandungan alkohol dan triklosan alami yang berfungsi sebagai antibakteri dan antivirus. Untuk membuat hand sanitizer alami dengan lidah buaya, kamu bisa menggunakan daging lidah buaya dan campurkan dengan alkohol atau air untuk menciptakan campuran yang merata, dan tambahkan beberapa tetes minyak esensial sebagai pewangi.

    1. Minyak Esensial

Minyak esensial seperti lavender, peppermint atau tea tree oil dapat digunakan sebagai bahan alami untuk membuat hand sanitizer. Minyak esensial berfungsi sebagai antibakteri, antijamur, dan antivirus. Kamu dapat mencampurkan minyak esensial dengan alkohol atau air dalam botol semprot, dan voila! Hand sanitizer alami dengan wangi yang menyegarkan dan tahan lama.

Jadi, itulah beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk membuat hand sanitizer sendiri di rumah. Pastikan kamu membuat hand sanitizer dengan benar dan menggunakan bahan seperti yang telah dijelaskan. Tetaplah bersih dan sehat, jangan lupa untuk selalu mencuci tangan dan memakai hand sanitizer saat di luar rumah.

Bahan-bahan

Hand sanitizer alami merupakan alternatif yang baik untuk membersihkan tangan di saat rantai pasokan hand sanitizer komersial menipis akibat pandemi COVID-19 yang masih membara di Indonesia. Cara pembuatannya pun cukup mudah, kalian hanya membutuhkan beberapa bahan di antaranya alkohol 70%, gel lidah buaya, minyak esensial, dan air. Berikut ulasan lengkap mengenai bahan-bahan yang dibutuhkan:

    • Alkohol 70%

Alkohol dengan kadar 70% merupakan bahan utama dalam pembuatan hand sanitizer alami karena memiliki kemampuan untuk membunuh sebagian besar kuman dan virus, termasuk virus corona penyebab COVID-19.

    • Gel lidah buaya

Gel lidah buaya mengandung senyawa yang dapat memberikan efek menenangkan pada kulit dan melindungi kulit dari iritasi akibat penggunaan alkohol secara langsung.

    • Minyak esensial

Beberapa jenis minyak esensial seperti minyak tea tree, kayu putih, jeruk nipis, dan lavender memiliki sifat anti bakteri dan anti virus yang bisa membuat hand sanitizer alami tersebut lebih efektif dalam membunuh kuman dan virus.

    • Air

Air digunakan untuk mengencerkan alkohol dan membuat konsentrasi alkohol menjadi 70%.

Pastikan untuk menggunakan bahan-bahan dengan kualitas baik dan sesuai dosis agar hand sanitizer alami yang dihasilkan aman digunakan dan efektif dalam membunuh kuman dan virus.

Kenapa Membuat Hand Sanitizer Alami?

Hand sanitizer merupakan salah satu kebutuhan penting yang harus ada di tas kita. Terutama di masa pandemi seperti saat ini, hand sanitizer dibutuhkan untuk menjaga kesehatan dan kebersihan tangan agar mencegah penyebaran virus. Namun, sebagian besar hand sanitizer yang dijual di pasaran mengandung bahan kimia yang berbahaya bagi kulit dan kesehatan. Oleh karena itu, membuat hand sanitizer alami dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan di sekitar kita merupakan pilihan yang lebih aman dan sehat.

BACA JUGA  cara membuat wajah glowing ala korea secara alami

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

Untuk membuat hand sanitizer alami, Anda membutuhkan beberapa bahan yang mudah didapatkan di sekitar kita, seperti:

  • Alkohol dengan kadar minimal 60%
  • Gel lidah buaya yang sudah dipisahkan dari kulitnya
  • Minyak esensial seperti minyak peppermint, tea tree atau lavender
  • Air steril atau air matang
  • Botol atau wadah kosong untuk hand sanitizer

Cara Membuat Hand Sanitizer Alami

Langkah-langkah untuk membuat hand sanitizer alami:

  1. Siapkan semua bahan yang dibutuhkan.
  2. Campurkan alkohol dan gel lidah buaya dalam sebuah wadah dan aduk hingga merata.
  3. Tambahkan beberapa tetes minyak esensial seperti minyak peppermint, tea tree atau lavender untuk memberikan aroma dan efek penyegar. Aduk hingga tercampur merata.
  4. Tuang air sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga campuran menjadi encer dan mudah digunakan. Jika terlalu cair, tambahkan alkohol atau gel lidah buaya sesuai dengan kebutuhan.
  5. Cicipi campuran dan pastikan rasanya tidak beracun dan aman digunakan.
  6. Tuang campuran ke dalam botol atau wadah kosong dan simpan di tempat yang sejuk dan kering.
  7. Hand sanitizer alami siap digunakan.

Nah, itulah cara membuat hand sanitizer alami yang mudah dan praktis. Selain lebih aman dan sehat, hand sanitizer alami juga ramah lingkungan karena tidak mengandung bahan-bahan kimia berbahaya. Selalu bawa hand sanitizer di tas Anda dan jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan dan kebersihan tangan.

Cara Membuat Hand Sanitizer Alami Sendiri di Rumah

Saat ini, kita semua sedang menghadapi pandemi Covid-19 yang menyebar dengan cepat. Oleh karena itu, mencuci tangan dan menggunakan hand sanitizer telah menjadi kebiasaan penting bagi kita untuk mencegah penyebaran virus. Namun, tidak semua orang dapat membeli hand sanitizer di toko, terutama saat stok-habis di mana-mana. Jangan khawatir, Anda bisa membuat hand sanitizer alami sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan dan terjangkau. Berikut adalah cara membuat hand sanitizer alami sendiri di rumah.

Bahan-Bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai, pastikan Anda telah menyiapkan bahan-bahan berikut:

  • Alkohol 96%
  • Aloe vera gel
  • Minyak esensial, seperti minyak kayu putih, minyak jeruk, atau minyak lavender
  • Botol semprot kosong
  • Wadah untuk mengaduk

Langkah-Langkah Membuat Hand Sanitizer Alami

Berikut adalah langkah-langkah membuat hand sanitizer alami di rumah:

  1. Campurkan 2/3 cangkir alkohol 96% ke dalam wadah.
  2. Tambahkan 1/3 cangkir aloe vera gel dan aduk hingga tercampur dengan baik. Aloe vera gel digunakan untuk membantu melembapkan tangan yang kering akibat penggunaan alkohol.
  3. Teteskan 8-10 tetes minyak esensial ke campuran alkohol dan aloe vera. Minyak esensial memberikan aroma wangi pada hand sanitizer dan juga memiliki sifat antibakteri dan antivirus.
  4. Aduk lagi hingga semua bahan tercampur sempurna.
  5. Selanjutnya, tuangkan campuran hand sanitizer ke dalam botol semprot.
  6. Hand sanitizer alami siap digunakan!

Penggunaan Hand Sanitizer Alami

Setelah Anda selesai membuat hand sanitizer alami, Anda dapat menggunakannya kapan saja dan di mana saja, terutama ketika Anda sedang berada di luar rumah atau tidak dapat mencuci tangan dengan sabun dan air. Berikut adalah cara menggunakan hand sanitizer alami:

  1. Isi botol semprot kosong Anda dengan hand sanitizer alami.
  2. Pompa atau semprotkan hand sanitizer ke telapak tangan Anda.
  3. Gosokkan hand sanitizer pada kedua tangan hingga merata, termasuk di pergelangan, sela-sela jari, dan jari-jari Anda.
  4. Biarkan hand sanitizer mengering selama 20-30 detik. Jangan menggosokkan tangan agar hand sanitizer dapat meresap dengan baik.
BACA JUGA  cara menghilangkan ketombe alami

Kesimpulan

Membuat hand sanitizer alami di rumah tidak hanya dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan hand sanitizer Anda, tetapi juga dapat memberikan rasa aman saat Anda berada di luar rumah di tengah pandemi ini. Pastikan Anda selalu mencuci tangan dengan air dan sabun dan menggunakan hand sanitizer ketika Anda tidak dapat mencuci tangan. Kami harap artikel ini dapat membantu Anda membuat hand sanitizer alami secara mudah dan efektif.

Bahan-bahan untuk Membuat Hand Sanitizer Alami

Sebelum membuat hand sanitizer alami, pastikan memiliki bahan-bahan yang diperlukan. Berikut ini adalah bahan-bahan guna membuat hand sanitizer alami:

  • Minyak esensial (mengandung alkohol minimal 60%) seperti minyak kayu putih, minyak cengkeh, minyak lavender, minyak peppermint, dan minyak eukaliptus
  • Wadah kaca atau botol semprot
  • Air matang
  • Gel lidah buaya (jika ingin membuat hand sanitizer gel)
  • Gelang atau manset

Dengan bahan-bahan alami ini, Anda dapat membuat hand sanitizer yang aman, efektif, dan murah.

Cara Membuat Hand Sanitizer Alami

Berikut adalah cara membuat hand sanitizer alami yang mudah di rumah:

  1. Campurkan 2/3 gel lidah buaya dengan 1/3 minyak esensial berkualitas tinggi dalam wadah kaca atau botol semprot.
  2. Tambahkan air matang sesuai dengan kebutuhan untuk menjaga kelembaban.
  3. Kocok botol dengan baik.
  4. Jika ingin menggunakan hand sanitizer gel, maka tambahkan lebih banyak gel lidah buaya hingga Anda mendapat konsistensi gel yang diinginkan.
  5. Semprotkan atau oleskan ke tangan yang bersih dan kering, lalu ratakan merata.

Langkah-langkah ini sangat mudah dan cepat dilakukan. Anda dapat membuat hand sanitizer alami lebih dari satu botol untuk digunakan sehari-hari.

Kelebihan Hand Sanitizer Alami

Dibandingkan dengan hand sanitizer komersial yang mengandung bahan kimia berbahaya, hand sanitizer alami memiliki beberapa kelebihan, yaitu:

  • Dapat dibuat sendiri di rumah dengan biaya murah
  • Tidak mengandung bahan kimia berbahaya
  • Lebih lembut untuk kulit karena alami dan tidak mengandung alkohol sintetis
  • Tidak menimbulkan alergi atau iritasi kulit
  • Lebih efektif dalam membunuh bakteri dan virus pada tangan

Dengan menggunakan hand sanitizer alami, Anda tidak perlu lagi khawatir dengan efek samping yang ditimbulkan oleh hand sanitizer komersial. Selain itu, hand sanitizer alami juga dapat melembutkan kulit tangan Anda.

Kontraindikasi Hand Sanitizer Alami

Hand sanitizer alami aman dan efektif digunakan pada umumnya. Namun, masih ada beberapa kontraindikasi penggunaan, yaitu:

  • Tidak dianjurkan untuk bayi di bawah 2 tahun
  • Tidak cocok digunakan oleh orang dengan kulit sensitif atau iritasi
  • Perhatikan jenis minyak esensial yang digunakan karena beberapa jenis dapat menyebabkan iritasi kulit atau alergi

Jika Anda memiliki kondisi medis atau pernah mengalami masalah kesehatan tertentu pada kulit tangan, sebaiknya konsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakan hand sanitizer alami.

Kesimpulan

Banyak orang menganggap hand sanitizer alami kurang efektif dibandingkan dengan hand sanitizer komersial. Namun, dengan resep dan cara membuat yang benar, hand sanitizer alami bisa jadi pilihan yang lebih baik untuk digunakan. Hand sanitizer alami memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan hand sanitizer komersial, seperti aman, efektif, dan lebih lembut untuk kulit. Kontraindikasi hand sanitizer alami juga sangat minim, asalkan dijaga kebersihannya dan bahan-bahan yang digunakan memenuhi kriteria yang baik.
Jadi, jika Anda ingin mencoba hand sanitizer alami, pastikan untuk menggunakan bahan-bahan yang tepat dan mengikuti instruksi dengan benar untuk mendapatkan manfaat yang maksimal.